in

Enaknya Beli Pulsa Di Mana Ya? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya

Ilustrasi kehabisan pulsa
Ilustrasi kehabisan pulsa
Ilustrasi kehabisan pulsa

Saat kita kehabisan pulsa untuk hape, smartphone, atau tablet, kadang kita bingung sendiri hendak beli pulsa di mana ya enaknya. Di counter pulsa, harga yang dipatok kadang lebih tinggi daripada tempat lain. Untuk membeli di supermarket, tak jarang kita malah tergoda untuk membeli barang lainnya. Jadinya, lebih boros.

Menuju ke ATM untuk beli pulsa, biayanya jadi lebih besar karena kita harus bayar biaya parkir dan lain sebagainya.

Nah, kali ini Tips Cerdas akan mengetengahkan opsi tentang tempat membeli pulsa, sekaligus kelebihan dan kekurangannya.

1. Supermarket/Swalayan/Hypermarket
Opsi pertama adalah supermarket, swalayan, atau toko modern sejenis. Di tempat seperti ini, harga pulsa tak jarang di bawah nilai pulsa yang kita peroleh. Misalnya, pulsa 100 ribu kadang dijual dengan harga 97 ribu. Selain itu, kadang kita memperoleh hadiah, entah itu snack atau minuman ringan. Promosi seperti ini biasanya diberikan pada akhir pekan. Untuk mengetahui promosi yang sedang berlangsung, jangan ragu bertanya kepada kasir atau kita cek situs web supermarket yang bersangkutan.

Tetapi untuk pulsa dengan nominal kecil, uang yang kita bayarkan sama dengan beli di counter pulsa biasa. Bahkan, beberapa toko modern hanya menyediakan pulsa dalam nominal minimal 25ribu. Jadi ya kalau membeli dalam nominal besar, opsi ini bisa dipilih. Selain itu, kadang kita bisa mendapatkan bonus hadiah.

2. E-banking/Internet Banking/ATM
Opsi kedua ini biasanya dipilih orang-orang yang ingin kepraktisan. Tinggal tuju situs web, atau gunakan SMS untuk membeli pulsa. Harga pulsa yang kita bayarkan sama dengan nilai nominal pulsa yang kita peroleh. Misalnya, kita membeli pulsa 100 ribu, ya kita bayarnya 100 ribu juga. Keuntungannya adalah praktis, dan nilai yang diperoleh sama dengan yang kita bayarkan.

Kekurangannya, kita tidak bisa membeli dalam nominal kecil. Biasanya nominal yang disediakan minimal 25ribu. Jadi, kita tidak bisa membeli pulsa senilai kurang dari nominal itu. Kekurangan kedua, kita tidak mendapatkan hadiah seperti halnya kalau kita membeli di supermarket, swalayan, atau toko sejenis.

3. Counter pulsa tradisional
Opsi ketiga adalah counter pulsa tradisional. Ya, inilah tempat yang sering kita tuju dulu untuk membeli pulsa. Di sini, kita bisa membeli pulsa dalam nominal terkecil. Bila suatu operator menyediakan nominal 5ribu, ya kita bisa membelinya di tempat ini. Dengan membeli di counter pulsa seperti ini, kita sebenarnya menggairahkan perekonomian rakyat. Kita memutar uang di level masyarakat. Tidak menumpuknya di suatu titik tertentu, seperti bank, jaringan toko ritel, jaringan supermarket.

Sayangnya, kalau membeli di counter harga yang dibayarkan lebih besar daripada nilai yang didapatkan. Semisal kita membeli pulsa 50ribu, kadang kita harus membayar 52ribu. Selain itu, jangan pernah kita mengharapkan promosi dari tempat beli pulsa seperti ini, karena memang mereka tidak pernah menganggarkannya.

Kalau penulis sendiri sih, tergantung situasi. Kalau perlunya mendadak, pilihannya melalui internet banking/SMS banking. Kalau punya dana tunai, tidak ada salahnya membeli dari counter pulsa tradisional. Ya, hitung-hitung beramal dan menggairahkan ekonomi rakyat, kata para politisi hehe.

Bagikan ke:

mengurangi-radiasi-ponsel

Cara Mengurangi Radiasi Ponsel

mengenal eye floater

Mengenal Eye Floater Bagian 2