in

Cara Mengurangi Radiasi Ponsel

mengurangi-radiasi-ponsel

mengurangi-radiasi-ponselCara Mengurangi Radiasi Ponsel – Walaupun masih ada pro-kontra di bidang ilmu kedokteran apakah radiasi ponsel berbahaya, tapi sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi WHO telah mengklasifikasikan radiasi ponsel sebagai Karsinogen Kelas B, sama halnya seperti pestisida dan timbal. Seperti yang telah kita ketahui bersama, karsinogen ini dapat memicu penyakit kanker.

Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi radiasi ponsel:

Menggunakan headset/speakerphone
Bicara tentang radiasi ponsel, faktor utamanya adalah seberapa dekat ponsel dengan organ penting kita, terumata otak. Jika kita menempelkan ponsel di telinga, radiasinya terkonsentrasi di dekat otak. Penggunaan headset saat menelepon akan mengurangi radiasi ponsel secara signifikan terhadap otak, begitu juga jika menggunakan speakerphone.

Mematikan ponsel di malam hari
Tahukah Anda jika kita paling rentan terhadap racun lingkungan dan radiasi di saat kita tidur? Ini terjadi karena ketika tidur, saraf otonom beralih dari saraf simpatik dominan menjadi saraf parasimpatik dominan atau yang juga dikenal sebagai “saraf rileks”. Dalam kondisi inilah, semua pertahanan tubuh melemah dan proses perbaikan tubuh dimaksimalkan.

Kebiasaan yang berlaku umum adalah menggunakan ponsel sebagai alarm dan meletakkannya di dekat tempat tidur atau malah di dekat bantal. Tentunya hal ini sangat berbaha mengingat tubuh dalam kondisi pertahanan minimum.

Selain itu, penggunaan fitur flight mode juga tidak disarankan karena ini hanya akan memutus koneksi ponsel dari WiFi, dan ponsel masih akan memancarkan medan magnet berbahaya dari baterai. Jadi, opsi terbaiknya adalah dengan mematikan ponsel.

Memperhatikan sinyal ponsel
Usahakan tidak menggunakan ponsel dalam kondisi sinyal jelek. Karena ketika sinyal ponsel jelek, radiasi yang dipancarkan semakin besar.

Tidak menggunakan ponsel di ruangan tertutup
Usahakan tidak menggunakan ponsel di lift, mobil, pesawat atau kereta. Ponsel akan menggunakan lebih banyak daya dan memancarkan semakin banyak radiasi di ruangan tertutup.

Gunakan fitur SMS
Gunakan fitur SMS daripada telepon. Semakin jauh posisi ponsel dari tubuh, maka semakin baik karena semakin sedikit radiasi yang mengenai tubuh.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi radiasi ponsel.

Bagikan ke:

lindungi anak

Lindungi Anak Anda dari Superhero Favoritnya!

Enaknya Beli Pulsa Di Mana Ya? Ini Dia Kelebihan dan Kekurangannya