in

Agar Selalu Berhasil Dalam Baking, Baking Basics

agar berhasil dalam baking

Semua orang pasti suka makan kue. Namun, saya percaya pasti tidak banyak yang suka membuatnya. Well, terkadang banyak yang berpikir bahwa membuat kue atau bahasa kerennya “baking” itu tak semudah memakannya.

Alasannya beraneka ragam, seperti sulit, ribet, tak punya bakat masak, bahannya susah atau yang lebih ekstrem anggapan seperti “kalau bisa membelinya buat apa membuatnya”. Hal-hal seperti itulah yang banyak menyurutkan “baking beginners” untuk belajar. Membeli memang lebih mudah, tetapi kadang menikmati hasil kerja keras sendiri itu di atas segalanya.

Sebenarnya ada hal-hal sederhana yang bisa membuat Anda lebih percaya diri akan kemampuan Anda dalam baking. Hal-hal sederhana yang “if you nailed it, you made it”. Berikut tips baking sederhana yang bisa membuat Anda berhasil dalam baking.

Baca dan pahami resep bakingnya

Pahami resepnya, pahami setiap step-stepnya. Baca berkali-kali hingga Anda mengerti apa yang harus Anda lakukan. Apa yang harus dilakukan pertama kali. Perhatikan pula seperti step/perintah pencampuran bahan, suhu dan lama pemanggangan dan lain-lain. Pahami setiap detail resep tersebut.

Gunakan alat baking yang bagus

Ini tak kalah penting. Pastikan Anda menggunakan alat yang bagus. Alat-alat dasar baking seperti oven, mixer, whisk, roller, wadah untuk adonan, dll. Bagus tak harus mahal, yang penting berfungsi dengan baik.

baking alat index
Gambar 1. Peralatan baking (http://whatscookingamerica.net)

Gunakan bahan baking yang bagus

Gunakan bahan-bahan yang bagus saat Anda baking. Seperti tepung, mentega, telur, gula dan lain-lain. Bagus tak harus bemerek – namun kadang bermerek juga lebih baik-, yang terpenting bahan tersebut fresh. Ini sangat krusial. Seperti telur, gunakan telur yang masih fresh, agar hasil lebih maksimal. Jadi pastikan bahan yang Anda gunakan fresh dan bagus.

baking bahan 5132_www.wierdlife.com
Gambar 2. Bahan-bahan dalam baking (www.wierdlife.com)

Ukur bahan dengan tepat dan akurat

Keakuratan dalam mengukur bahan adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam baking. Pastikan Anda mengukur dengan akurat semua bahan sesuai dengan yang tertulis dalam resep. Memiliki alat ukur seperti timbangan atau sendok/gelas ukur juga sangat membantu.

baking ukur1 Pelouze_Commercial_Kitchen_Scale-2899
Gambar 3. Timbangan untuk mengukur bahan (http://whatscookingamerica.net)
baking ukur 2 GlassMeasuringCup3
Gambar 4. Gelas ukur (http://whatscookingamerica.net)

Practice, practice and practice

Practice makes perfect. Berhasil baking saat percobaan pertama kali sangat sangat jarang. Jika Anda gagal, teruslah berlatih dan berlatih. Well, semua butuh usaha kan!

Lakukan dengan “hati”

Ini memang tak ada dalam resep, hehe, pastinya. Namun, kadang jika kita senang melakukan sesuatu dan melakukannya dengan hati, hasilnya akan positif. Perasaan seperti ini yang bisa memberi semangat seseorang untuk belajar. Cause you love doing it. Jadi lakukan dengan hati ya! Hihi

Demikian tips sederhana yang sebaiknya Anda terapkan saat Anda baking. Intinya untuk berhasil itu butuh usaha. Believe in yourself and do it! Happy Baking!

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

One Comment

belajar dari kegagalan

Cara Berdamai dengan Kegagalan Meski Sudah Berusaha Maksimal

Cara menuntun kuda