in

Cara Membuat Rujak Corek Khas Madura

Indonesia kaya akan ragam kuliner; salah satunya adalah rujak. Makanan pedas ini banyak sekali macam dan penggemarnya. Anda pasti sudah tidak asing dengan rujak cingur, rujak buah dan rujak serut. Tapi, apa itu rujak corek? Rujak khas Madura ini menggunakan bahan yang sangat sederhana tapi rasanya maknyus. Sayangnya sekarang sudah tidak banyak yang menjual rujak ini.

Nah, untuk membuat resep rujak corek ini, kita cuma perlu mentimun, petis madura (tentunya), cabe rawit, kacang goreng kalau Anda suka bumbu kacang, dan garam.

IMG_20150531_102356

Caranya:

1. Pertama, cuci bersih buah mentimun.

Anda bisa juga mengupasnya atau membiarkannya kalau suka. Penulis pribadi lebih suka mengonsumsi mentimun dengan kulitnya. Selain karena alasan rasa, ternyata kulit mentimun mengandung silika yang bagus untuk kesehatan kulit dan kuku. Selain itu, manusia memerlukan minimal 5 mg silika setiap harinya yang bisa diperoleh dari satu buah mentimun.

2. Belah mentimun menjadi dua bagian, sisihkan.

Untuk bumbunya, haluskan cabe rawit, garam, kacang goreng (jika suka) dan petis madura. Tambahkan sedikit air, jika terlalu kental.

IMG_20150531_102839

Gunakan ujung sendok untuk mengeruk daging buah mentimun. Nah, dari sinilah asal muasal nama rujak corek. “Corek” dalam bahasa Madura berarti “Mengeruk”.

3. Campur hasil kerukan buah mentimun kemudian dengan bumbu yang tadi.

4. Campuran daging mentimun dan bumbu ini kemudian diisikan ke dalam buah mentimun yang tadi sudah dikeruk.

IMG_20150531_103051

5. Taraaa, rujak corekpun siap Anda nikmati.

Caranya dengan menggigit buah mentimun yang sudah diisi bumbu tadi dan rasakan sensasi di setiap gigitannya 🙂

IMG_20150531_103334

Itulah tips membuat rujak corek khas Madura. Mudah bukan? jadi, jika penasaran, Anda bisa langsung mencobanya di rumah tanpa harus jauh-jauh mengunjungi Madura. Selamat mencoba 🙂

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Cara menuntun kuda

Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa