in ,

Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan

stress programmer developer ibm 1331259

Tipscerdas.com, Malang – Kegagalan memang bukanlah hal yang menyenangkan. Namun, kegagalan juga bukan rahasia lagi bahwa orang yang saat ini berhasil dulunya pernah atau bahkan sering mengalami kegagalan. Bedanya, di saat yang lain meratapi kegagalannya, mereka memilih bangkit untuk mengejar kesuksesan. Ingat kata-kata bijak, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Tapi, sebenarnya bagaimana caranya agar bisa bangkit dari kegagalan? Jawabnya mudah, praktiknya sulit. Oleh karena itu, kami kumpulkan beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa bangkit dari kegagalan:

1. Menerima kegagalan sebagai hal yang biasa dan wajar

Merasa sedih saat gagal adalah wajar, asalkan tidak berlarut-larut. Kesedihan yang berlarut-larut hanyakan membuat kita merasa terpuruk dan tidak segera memperbaiki apa yang salah. Ingatlah, semua orang pasti pernah gagal, dan mungkin kali ini giliran kita. Keep positive and active.

2. Mencari hikmah di balik kegagalan

Kebanyakan orang akan fokus pada apa yang hilang (misalnya uang, kesempatan, atau bahkan masa depan) saat mereka gagal. Namun, mereka lupa bahwa ada pelajaran dan pengalaman berharga di balik itu semua. Memang benar jika hanya dilihat dari luarnya. Kita mungkin kehilangan (loss) hal tersebut, tetapi jika bisa mengambil hikmahnya, kita bisa terhindari lubang yang sama dan menemukan strategi baru untuk melangkah ke depan. The best teacher is your last mistake.

3. Menganggapnya sebagai kisah menarik untuk diceritakan

Kegagalan bisa jadi kisah menarik perjalanan hidup kita. Mengapa banyak orang yang sukses senang bercerita dan didengarkan banyak orang? Alasannya adalah mereka punya segebok cerita yang bisa diceritakan dan bermanfaat bagi teman, keluarga, anak cucu, kolega, atau bahkan masyarakat umum. Bayangkan jika orang-orang hebat tidak kita tidak pernah gagal, para anak senja tidak bisa apdet Twitter dong. Hehe

4. Menjadikan kegagalan sebagai pengingat bahwa kita tidak sempurna

Kegagalan atau kesalahan secara umum adalah bentuk reminder yang efektif bahwa rencana kita tidaklah sempurna. Kita bisa berencana sedetail apa pun, tapi hasilnya menunggu keputusan yang berkuasa. Namun, ini bukan alasan untuk tidak berusaha, melainkan karena kita tahu bahwa bagaimana pun persiapan tetap tidak sempurna, kita harusnya terdorong untuk lebih banyak mencoba, gagal, dan mencoba lagi. Try a lot and see what will stick!

5. Meyakini bahwa akan ada kesempatan kedua atau yang lain

Ingat pepatah di atas: kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Jadi, jika hari ini kita gagal, yakinlah esok pasti akan datang dengan sejuta peluang yang mungkin jauh lebih baik dari apa yang gagal kita raih hari ini. No one knows what the future holds!

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk bisa bangkit dari kegagalan: mulai dari menerima hingga meyakini akan adanya kesempatan kedua. Seperti kata ibu kita Kartini “Habis gelap terbitlah terang“. So, don’t worry, be happy! 🙂

Bagikan ke:

cara-menggunakan-lampu-jauh

Cara Menggunakan Lampu Jauh (High Beam) dengan Bijak

doa qiyamul lail

Meraih Pahala Qiyamul Lail Semalam Penuh