in

Cara Menggunakan Lampu Jauh (High Beam) dengan Bijak

cara-menggunakan-lampu-jauh

Motor atau mobil kita memiliki lampu dekat dan lampu jauh yang menentukan jauh-dekatnya jangkauan sinarnya. Fungsi utama lampu jauh adalah untuk membantu visibilitas saat melalui jalan yang kurang terang atau gelap. Selain itu, lampu jauh juga dapat digunakan sebagai tanda saat akan mendahului kendaraan di depan kita (dengan cara mengedipkannya satu atau dua kali).

Di daerah perkotaan, kita mungkin sudah merasa bahwa lampu dekat pun sudah cukup karena biasanya jalan raya di perkotaan yang memiliki banyak penerangan di tiap tepi jalan. Kita juga sangat memahami bahwa sinar lampu jauh itu menyorot jauh ke depan, sesuai dengan namanya. Hal ini sedikit banyak akan mengganggu pengendara dari arah berlawanan, apalagi jika ada pengendara yang penglihatannya bermasalah, terutama silindris. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita menerapkan “etika” berkendara khususnya tentang cara menggunakan lampu jauh dengan bijak.

car headlights headlights 235729

1. Gunakan sesuai keperluan

Gunakan lampu jauh hanya pada saat kita melewati jalan yang gelap atau kurang penerangan, seperti di perbukitan, hutan, perkebunan, dll. Segera alihkan ke lampu dekat sementara waktu jika berpapasan dengan pengendara lain.

2. Sebagai tanda akan mendahului

Saat berkendara di malam hari, kita dapat menggunakan lampu jauh dengan mengedipkannya satu atau dua kali bisa juga dengan disertai membunyikan klakson singkat sekali atau dua kali. Tujuannya adalah untuk memberi tahu kendaraan di depan bahwa kita akan mendahuluinya. Lalu, kita juga membarenginya dengan menyalakan lampu sein kanan agar pengendara di belakang kita paham bahwa kita akan mendahului.

3. Kurangi penggunaan lampu jauh

Kurangi penggunaan lampu jauh saat berkendara di jalan raya perkotaan atau di jalan raya yang penerangannya sudah cukup membantu kita untuk memantau kondisi jalan di depan.

cara-menggunakan-lampu-jauh-dengan-bijak
Lampu jauh dan lampu dekat

Hints:
– Gunakan bola lampu sesuai spesifikasi kendaraan, jangan menggunakan bola lampu dengan cahaya yang sangat kuat, berwarna putih, biru, hijau atau semacamnya karena selain menyilaukan pengendara dari arah berlawanan, lampu tersebut juga berbahaya karena benar-benar tidak dapat menerangi jalan dengan sempurna saat kondisi jalan basah atau saat hujan.

– Saat menggunakan sepeda motor, lampu jauh dapat kita gunakan saat siang hari karena tidak akan menyilaukan penglihatan pengendara dari arah berlawanan dan kita tetap mematuhi peraturan lalu lintas.

– Hindari penggunaan kaca film yang terlalu gelap pada mobil karena kaca film yang gelap akan mengurangi visibilitas kita saat menyetir di malam hari, sehingga secara tidak langsung kita pasti akan terus mengandalkan lampu jauh.

Semoga bermanfaat.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

menghadapi-rekan-kerja-yang-menyebalkan

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Menyebalkan

stress programmer developer ibm 1331259

Agar Bisa Bangkit dari Kegagalan