in

Cara Membangun Relasi yang Baik dengan Rekan Kerja

membangun-relasi

Cara Membangun Relasi yang Baik dengan Rekan Kerja – Relasi dengan rekan kerja sangatlah penting karena hal ini berbanding lurus dengan kinerja kita di tempat kerja. Selain itu, kita akan lebih menikmati pekerjaan kita jika hubungan dengan rekan kerja baik. Sebaliknya, hubungan yang buruk akan membuat kita sulit konsentrasi dan fokus sehingga untuk pekerjaan yang sepele saja kadang hasilnya kacau.

people business meeting 1979261
Relasi kerja yang baik

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membangun relasi yang baik dengan rekan kerja:

1. Hargai Rekan Kerja

Menghargai orang lain merupakan pondasi baiknya semua hubungan, termasuk hubungan kita dengan rekan kerja. Berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak bersikap kasar terhadap rekan kerja dan membuat mereka tersinggung. Ya, walaupun ada beberapa orang yang memang pada dasarnya mudah tersinggung. Jadi, lebih berhati-hatilah saat berinteraksi dengan tipe rekan kerja semacam ini.

2. Jangan Membahas Topik Sensitif

Agama, pandangan politik, ras, mungkin juga orientasi seksual adalah beberapa topik yang perlu dihindari saat kita membangun relasi dengan rekan kerja. Banyak orang yang mengganggap topik-topik tersebut terlalu pribadi untuk dibahas.

3. Beri Kesan Awal yang Baik

Rekan kerja kita tidak akan suka dengan “pendatang” yang sok tahu, sok bisa dan tidak ramah. Jadi, bersikaplah ramah, terbuka dan mintalah saran serta kenali rekan kerja Anda.

4. Hati-hati dengan gosip

Ada dua jenis gosip yang mungkin kita temui di tempat kerja, yaitu “grapevine” (desas-desus) dan gosip pada umumnya. “Grapevine” adalah informasi informal tentang perusahaan. Gosip jenis ini perlu kita perhatikan. Sedangkan jenis gosip satunya adalah gosip yang umumnya menyebarkan berita bohong atau mungkin kadang benar tetapi menyangkut informasi pribadi orang lain. Nah, jenis gosip ini yang harus kita hindari jika ingin memiliki relasi yang baik dengan rekan kerja.

5. Tunjukkan Etika yang Baik

Etika yang baik sangat penting kita miliki di tempat kerja. Selalu beretika baiklah saat kita berinteraksi, menghadiri acara kantor, atau bahkan pada saat menggunakan ponsel.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membangun relasi yang baik dengan rekan kerja.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

ilustrasi jam olahraga

3 Waktu Olahraga yang Tepat Saat Puasa

wedang jahe jeruk nipis

Puasa Sehat Dengan Wedang Jahe Jeruk Nipis