in

Tips Donor Darah saat Puasa

tips donor darah saat puasa

Tips donor darah saat puasa – Donor darah saat puasa? Siapa takut! Donor darah telah lama menjadi kegiatan sosial yang sangat bermanfaat bagi kita yang memenuhi syarat. Selain itu, secara medis donor darah saat puasa tetap diperbolehkan dan tidak membahayakan, asalkan pendonor memang memenuhi syarat sebagai pendonor secara umum seperti tidak sedang sakit, berat badan cukup, tekanan darah memadai, istirahat cukup, dsb. Untuk memastikan kegiatan donor darah kita lancar dan aman, simaklah tips donor darah saat puasa berikut ini.

Beberapa tips donor darah saat puasa:

1. Waktu donor darah yang tepat

Tips donor darah saat puasa yang pertama adalah waktu donor darah. Sebaiknya kita melakukan donor darah pada waktu sore tepat sebelum berbuka puasa atau setelah makan berbuka. Dan jika kita belum terlalu lelah, donor darah bahkan mungkin dilakukan pada saat waktu malam hingga sahur. Beberapa Unit Donor Darah PMI juga masih melayani kegiatan donor darah hingga larut malam pada bulan Ramadan agar tidak kehabisan stok darah. Untuk memastikan jadwal donor darah pada malam hari ini, silakan hubungi kantor cabang PMI terdekat di kota Anda.

 

2. Sahur dan berbuka dengan nutrisi memadai.

Tips donor darah saat puasa yang kedua adalah makan makan makanan bergizi dengan nutrisi yang memadai. Asupan makanan yang memadai sangat penting bagi kita yang akan melakukan donor darah agar tidak merasa pusing dan lemas, atau bahkan pingsan setelah mendonorkan darah. Beberapa hari sebelum donor darah, kita harus makan makanan bergizi yang lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral saat waktu sahur dan berbuka.

 

3. Tidur dan istirahat cukup.

Tips donor darah saat puasa yang kedua adalah tidur dan istirahat yang cukup. Memang saat berpuasa, rata-rata jam tidur kita berkurang untuk melaksanakan sahur ataupun ibadah di malam hari. Akan tetapi sebelum donor darah, kita juga perlu tidur malam cukup minimal 5 jam non-stop. Nah, untuk memastikan kita cukup istirahat, sempatkanlah juga untuk tidur di siang hari sebelum sore atau malamnya kita melakukan donor darah.

 

4. Minum yang Banyak.

Tips donor darah saat puasa yang terakhir adalah minum air yang banyak. Saat mendonorkan darah kita kehilangan cairan tubuh sekitar 500 cc atau setengah liter. Ini karena darah yang kita donorkan adalah cairan juga. Nah, agar tidak dehidrasi saat mendonorkan darah, pastikan tubuh kita mendapatkan asupan air yang memadai dengan minum air yang banyak saat sahur dan setelah berbuka puasa, serta tepat setelah mendonorkan darah.

What do you think?

Written by Admin

Khasiat Pegagan yang Baik untuk si Pelupa

membuat tatakan gelas

Membuat Tatakan Gelas dari Kayu