in ,

Mengenal Floater (Muscae Volitantes) – Bagian 1

Mengenal Floater (Muscae Volitantes) – Bagian 1 – Floater Eye (Muscae Volintates) adalah bayang-bayang berwarna bening, abu-abu atau hitam yang bergerak-gerak mengambang, berbentuk seperti butiran pasir, dan bisa juga membentuk seperti rantai dalam area pandang.

Sangat terlihat jelas jika penderita memandang langit atau ke tempat yang sangat terang. Hal ini terjadi karena proses penuaan dan tidak berbahaya.

Namun, jika penderita mengalami sakit kepala berhari-hari atau sampai berbulan-bulan dan kilatan cahaya maka diperlukan pemeriksaan dokter, bisa jadi telah terjadi perobekan retina dan menyebabkan kebutaan permanen.

Kisah pribadi terkait eye floater

Tepatnya saat kelas 10, sekitar tahun 2008, saya mengalami kecelakaan kecil di sekolah. Mata saya terhantam paku yang secara tak sengaja dilempar oleh teman sekelas, mengenai mata kiri saya. Tepat di garis batas iris. Pembuluh darah pecah.

Setelah kejadian itu, saya melihat bayang-bayang bening berbentuk seperti benang kusut  di daerah pandang saya. Floater ini muncul bukan karena penuaan, waktu itu saya masih berumur 16 tahun. Jadi, ini muncul karena trauma mata.

Saya mengabaikannya dan tidak memeriksakan ke dokter hingga jumlah floater itu meningkat, menyebar ke mata kanan dan muncul floater abu-abu. Namun saya tidak melihat kilatan cahaya (flashes) atau merasakan sakit kepala.

Sekitar 7 bulan yang lalu saya baru memeriksakannya ke dokter spesialis mata. Dan menjelaskan mengenai “benda melayang-layang di daerah pandang saya”. Beliau bertanya, “Suka baca atau suka menggunakan komputer? Setiap satu jam sekali saat menggunakan komputer, istirahatkan mata dengan melihat jauh selama 10 menit.”

Saya menanyakan apa hal itu berbahaya, beliau menjawab dengan tenang, “bisa menyerang syaraf belakang”. Pikiran saya berputar-putar mengarah pada “buta”. Setelah diperiksa lebih lanjut, beliau bilang tidak ada masalah.

Saya tidak tahu, mungkin itu cara dokter menenangkan pasiennya. Lalu, beliau memberi resep obat tetes mata Cendo Asthenof dan Lutevit dalam bentuk kapsul. Vitamin A dan suplemen makanan untuk kesehatan mata. Tidak ada yang terjadi, tidak ada perubahan pada daerah pandang mata saya. Sayangnya, saya tidak melanjutkan pemakaian obat itu lagi setelah menghabiskannya. Sekarang Floater saya semakin bertambah banyak.

Bagikan ke:

cara membuat video di dubsmash, cara menggunakan dubsmash, cara membuat dubsmash, cara dubsmash, aplikasi dubsmash

Cara Membuat Video di Dubsmash

Cara Tercepat Shutdown atau Hibernate Laptop