in

Resep Ketupat Lebaran Cantik

resep ketupat lebaran

Oleh Nining

Resep ketupat lebaran anti gagal – Sebentar lagi lebaran tiba. Menu yang tak pernah absen dari meja makan pada hari raya adalah ketupat. Menyajikan ketupat sudah menjadi tradisi turun temurun yang tak lekang oleh zaman. Nah, Anda pun tak ingin ketinggalan untuk menyuguhkan ketupat untuk keluarga dan tamu kan? Sayangnya, memasak ketupat ini memang agak rumit dan rawan gagal. Berikut ini akan saya sajikan tips membuat ketupat cantik yang jarang sekali mengalami kegagalan.

Berikut resep ketupat lebaran anti gagal:

Bahan:

1             Kg beras putih

10          buah ketupat kosong

3-4 liter air

Cara memasak:

  1. Cuci beras hingga bersih, kemudian tiriskan.
  2. Tarik juluran janur di ujung ketupat bagian atas yang memiliki lubang terbesar untuk memasukkan beras. Isi beras hingga hampir setengahnya saja, kemudian rapatkan kembali.
  3. Masukkan ketupat ke dalam panci kemudian tata dengan rapi, beri air ke dalam panci hingga ketupat terendam. Rebus dengan api besar selama 6- 8 jam hingga ketupat mengeras atau tanak. Bila air berkurang atau hampir habis, tambahkan air kembali ke dalam panci.
  4. Angkat dan tiriskan ketupat dengan menggantungnya agar ketupat bisa tiris sempurna.
  5. Jika ada air dingin, siramkan air dingin agar ketupat tetap terlihat cantik dan kuning setelah beberapa waktu. Selain itu, ketupat yang disiram air dingin tidak akan mudah basi.

Demikian resep ketupat anti gagal ala saya. Selama ini, saya selalu menggunakan resep ini dan alhamdulillah tidak pernah gagal. Semoga Anda sekalian juga begitu ya bund!

Terima kasih!

Bagikan ke:

baju sama dengan orang lain

Agar Baju Tidak Sama Dengan Orang Lain

Mengontrol Android dari PC