in

Jalan-Jalan Dengan Budget Minim (Bagian 1)

Jalan-jalan dengan budget minim-Berpetualang memang menyenangkan, tapi jika ingin “berpetualang yang sesungguhnya” dengan budget minim dan menyukai tantangan, kumpulkan teman-temanmu, kenakan ranselmu, bersiaplah berjalan jauh, bawa barang seperlunya. Intinya, keluarlah dari zona nyamanmu. Tidak perlu repot-repot memesan kamar hotel. Karena alam terbuka adalah kamarmu.

Jalan-jalan ke lombok

Berikut adalah tips jalan-jalan dengan budget minim untuk Backpacker khususnya bagi pemula:

  1. Tentukan tempat yang ingin dituju, cari tahu bagaimana kondisi dan medan tempat tersebut.
  2. Kumpulkan teman-temanmu (teman-teman yang tidak keberatan bermalam di pinggir jalan atau di terminal), semakin banyak semakin menyenangkan. Kamu bisa mengajak temannya temannmu yang tidak kamu kenal, dengan begitu kamu bisa menambah pasukan dan sahabatmu. Disarankan minimal mengajak seorang teman yang pernah melakukan backpacking.
  3. Siapkan fisikmu. Jika tidak pernah melakukan “perjalanan jauh” sebelumnya. Berolahragalah beberapa hari sebelum berangkat: lari atau jalan (misalnya dari kos ke kampus).
  4. Bawa barang-barang seperlunya. Ingat! Seperlunya. Misalnya jika ingin ke tempat (pantai) yang tidak membutuhkan sepatu, jangan membawa sepatu, sandal gunung cocok di bawa kemana saja. Jika bermalam 3 hari 3 malam, cukup bawa 3 baju; baju yang kamu pakai, baju untuk berenang (jika kau ke pantai) dan 1 baju cadangan. Dengan begitu kamu tidak akan terlalu berat membawa perlengkapanmu.
  5. Bersantailah dan tak perlu tergesa-gesa menikmati liburan backpackingmu. Karena kamu punya waktu sendiri untuk menentukan berapa jam kamu dan teman-temanmu menikmati satu tempat ke tempat lain.
  6. Tidurlah bergantian untuk menjaga barang-barang jika menginap di teras ruko, terminal, stasiun atau masjid/musholla.

Jika seorang berkata, the plan is no plan, bukan berarti tidak punya rencana sama sekali. Tapi akan ada kejutan demi kejutan di setiap perjalanan “menginap di luar”mu, jangan kaget jika rencana yang telah kamu buat tidak sesuai dengan apa yang ada di benakmu atau yang telah dijadwalkan, karena di situlah letak keasyikannya. Happy Holiday!!!!

*ditulis oleh Ella

Bagikan ke:

mempercepat-transfer-data-ke-flashdisk

Cara ampuh mempercepat transfer data ke flashdisk tanpa software

Empat Cara Mudah dan Hemat Agar Smartphone Lama Terlihat Baru