in

Cara menuntun kuda

Kuda sudah menjadi alat transportasi sejak dahulu kala. Meski mereka tergolong jinak, mereka memiliki kemampuan fisik yang jauh mengungguli manusia dewasa. Oleh karena itu, saat menuntun kuda, sebaiknya selalu lakukan secara aman dan dengan pengawasan dari ahlinya.

Untuk menuntun kuda, gunakan metode berikut ini agar aman di semua situasi:

Berdirilah di sebelah kiri kuda.

Jangan berdiri di belakang kuda karena jika merasa dalam bahaya, kuda bisa menendang manusia dengan kaki belakangnya.

Pegang ujung tali tuntun yang terdekat dengan kepala kuda dengan tangan kanan, dengan jempol menunjuk ke atas, ke arah kepala kuda.

Beri jarak sekitar 15 cm antara tangan Anda dengan halter. Jika ujung tali tuntun dilengkapi rantai, pegang tali tepat di bawah rantai itu agar tangan Anda tidak terluka jika kuda menyentak ke belakang. Jika Anda memerlukan kontrol yang lebih besar sewaktu menuntun kuda, pindahkan tangan Anda lebih dekat ke halter.

Dengan tangan kiri, pegang sisa tali tuntun dengan posisi terlipat ke atas.

Jangan belitkan sisa tali ini di tangan Anda. Jika dilakukan dan kuda menyentak ke belakang, belitan akan mengencang dan melukai tangan Anda.

Sebelum Anda meminta kuda bergerak maju, posisikan diri Anda pada bahu kirinya, menghadap ke depan, dengan tangan memegang tali tuntun seperti dijelaskan pada langkah sebelumnya.

Pertahankan lengan Anda di samping kuda untuk memastikan kuda tidak menginjak Anda saat Anda mulai melangkah.

Begitu Anda mulai melangkah maju, tarik lembut tali tuntun dengan tangan kanan.

Kuda akan mulai berjalan seirama langkah Anda sehingga Anda akan selalu berada di sisi bahunya.

Untuk membelokkan arah kuda, dorongkan tangan kanan Anda ke kanan atau tarik tangan Anda ke kiri dan langkahkan kaki ke arah yang ingin Anda tuju.

Pertahankan jarak minimal satu lengan antara Anda dan kuda jika Anda ingin kuda berbelok ke kiri agar tumit Anda tidak terinjak. Kuda akan mengikuti petunjuk Anda.

Untuk menghentikan kuda, serukan “hop!” dan hentikan langkah, dengan memberikan sentakan lembut pada tali dengan tangan kanan.

Saat menuntun kuda, selalu ingat bahwa kuda tidak tahu arah yang ingin Anda tuju, kapan Anda ingin berhenti atau berjalan. Ingat bahwa tubuh kuda jauh lebih besar daripada tubuh Anda dan tidak dapat berbelok dan berhenti secepat Anda.

stock-photo-young-cowboy-leading-his-horse-through-the-field-91698269

Kuda sangat pintar memahami isyarat. Mereka juga mengerti perintah lisan dengan cepat. Beri peringatan sebelum Anda berbelok atau berhenti. Perlambat langkah saat Anda mulai berbelok, dan katakan “hop” saat Anda mulai berhenti. Kuda Anda akan senang mendapatkan peringatan.

Selain itu, saat menuntun kuda, perhatikan arah yang dituju, bukan kudanya. Dengan begitu kuda akan lebih mempercayai Anda dan tidak akan grogi.

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

agar berhasil dalam baking

Agar Selalu Berhasil Dalam Baking, Baking Basics

Cara Membuat Rujak Corek Khas Madura