in

Kumpulan Tutorial Mitos

Anda pasti pernah mengalami suatu kondisi dimana semakin hari windows terasa semakin berat dan kehilangan performanya. Lalu Anda mencari tutorial di internet untuk meningkatkan performa windows. Tahukah Anda bahwa beberapa tutorial yang Anda temukan bisa jadi merupakan tutorial mitos. Maksud dari mitos disini adalah tutorial tersebut bukannya mempercepat performa windows Anda malah lambat laun menghancurkannya. Pada tulisan ini akan membahas tutorial mempercepat Windows yang sering beredar di internet dan ternyata membuat Windows menjadi tidak stabil dan mudah rusak.

AlwaysUnloadDll

Banyak tutorial mempercepat Windows XP atau Seven yang masih menyarankan menggunakan cara ini. Mereka masih beranggapan bahwa dengan mengaktifkan fitur ini penggunaan memory Windows dapat berkurang sehingga bisa dialokasikan untuk yang lain. Padahal Microsoft menyatakan dengan sangat jelas bahwa cara tersebut hanya bekerja pada Windows 2000. Berikut adalah penyataan resmi Microsoft “For operating systems prior to Windows 2000, you can shorten the inactive period by adding the following information to the registry. HKEY_LOCAL_MACHINE Software Microsoft Windows CurrentVersion Explorer AlwaysUnloadDll”

DisablePagingExecutive

Alasan utama mengaktifkan fitur ini adalah agar kernel (Core sistem operasi) hanya bekerja pada RAM. Semua data dan kode tersimpan dan menumpuk di memory bukan di hard disk. Opsi ini didasari oleh alasan bahwa ketika semua terfokus dan dilakukan oleh memory, kinerja Windows akan semakin cepat. Alasan tersebut memang benar, tapi tanpa disadari justru akan memperberat kerja Windows.

Sejatinya, ketika Windows mengerjakan tugas yang sangat berat, RAM membutuhkan banyak space dan tidak mampu lagi bekerja maksimal. Secara otomatis Windows akan memindahkan kernel ke hard disk sehingga beban RAM bisa berkurang. Ketika kondisi Windows sudah kembali normal, kernel akan dikembalikan lagi ke RAM. Jika kita mematikan fitur ini dan memaksa RAM bekerja keras hingga batas maksimumnya serta tidak mengijinkan perpindahan kernel ke hard disk, dapat dipastikan Windows akan crash dan hang. Karena itulah penulis menyarankan untuk tetap mengaktifkan fitur ini.

EnablePrefetcher

Pada beberapa tutorial mengatakan bahwa mengaktifkan EnablePrefetcher dengan mengisi angka 5 (bukan 0, 1, 2, 3) pada Value data akan lebih mempercepat waktu booting Windows daripada angka 3. Tidak ada literatur valid tentang cara tersebut, bahkan situs resmi Microsoft sangat jelas mengatakan bahwa nilai yang dapat diterima hanyalah 0 (Disable Caching), 1 (Cache Boot Processed Only), 2 (Cache Applications Only), dan 3 (Cache Everything (default))

Menghapus file pada folder Prefetch

Ketika pertama kali membuka aplikasi tertentu, Windows akan membuat prefetch file (*.pf) pada sebuah folder C:\Windows\Prefetch. File ini akan dipanggil oleh Windows ketika kita membuka aplikasi tersebut untuk yang kedua kalinya. Dengan adanya file ini, proses pembukaan aplikasi akan berjalan lebih cepat.

Sayangnya, banyak tutorial yang justru menyuruh untuk menghapus semua file dalam folder C:\Windows\Prefetch secara rutin. Alasannya menyebabkan drive C menjadi penuh sehingga mengurangi performa Windows. Hanya saja ketika semua file dalam folder tersebut dihapus, proses pembukaan aplikasi akan menjadi lebih lambat.

Menurut hemat penulis, baik kita tidak perlu repot-repot menghapus file-file tersebut secara berkala. Hal itu dikarenakan Windows telah menentukan batas maksimal jumlah file yang tersimpan dalam folder tersebut. Jika telah melebihi batas, secara otomatis windows akan menghapusnya.

Percepat waktu booting

Banyak artikel menuturkan bahwa untuk keperluan booting Windows 7 hanya menggunakan satu prosesor core pada laptop dengan multi core. Sehingga waktu booting tidak berjalan maksimal. Dengan meningkatkan jumlah core yang digunakan kita dapat mempercepat waktu booting. Logikanya semakin banyak jumlah core, semakin cepat waktu booting. Pada situs ini

Di situs ini ditegaskan bahwa meski jumlah prosesor telah ditingkatkan, tidak akan berdampak apa-apa terhadap waktu booting. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi situs tersebut.

tutorial mempercepat komputer

Itulah beberapa cara mempercepat Windows yang salah dan akan memberatkan atau merusak Windows.

Bagikan ke:

Cara Memblokir Akun Facebook

mengganti-background-twitter

Mengganti Background Twitter