in

Membuat Tatakan Gelas dari Kayu

membuat tatakan gelas

Oleh Nining

Membuat tatakan gelas dari kayu – Menyeruput kopi atau teh sambil menyelesaikan pekerjaan di kantor atau di rumah memang menyenangkan tapi, kebiasaan ini biasanya memiliki satu kekurangan: noda di meja bekas kopi atau teh. Untuk menghindari hal ini, biasanya kita menggunakan tatakan gelas. Tatakan gelas dari keramik, kaca, atau kain pasti sudah biasa. Ada satu alternatif bahan tatakan gelas yang spesial. Tatakan gelas dari cabang pohon ini bisa Anda jadikan kado istimewa untuk orang spesial di hati lho. Simak tips berikut ini:

Cara membuat tatakan gelas dari kayu:

  1. Pilih cabang pohon.

Langkah pertama membuat tatakan gelas adalah memilih cabang pohon yang baik. Cabang pohon kayu yang bagus adalah yang memiliki tekstur keras dan akan jauh lebih bagus jika memiliki pola di dalamnya dan memiliki kulit yang cukup tebal dan bertekstur kasar. Pilih cabang dengan diameter sekitar 8-12 cm. Semakin besar diameternya, semakin berat pula upaya untuk memotongnya.

membuat tatakan gelas

  1. Potong cabang.

Langkah berikutnya untuk membuat tatakan gelas adalah memotong cabang pohon dengan ketebalan antara 1-1,5 cm menggunakan gergaji. Usahakan agar kulit cabang pohon tidak terlepas. Kulit kayu ini akan menambah nilai estetika ketika tatakan sudah jadi nanti.

membuat tatakan gelas

  1. Haluskan permukaan

Langkah ketiga untuk membuat tatakan gelas adalah menghaluskan kedua sisi permukaan kayu yang telah dipotong menggunakan amplas kayu. Haluskanlah hingga tidak tampak lagi bekas guratan gergaji di kedua sisi tatakan. Proses ini dapat dipercepat jika Anda menggunakan gerinda.

  1. Cat dengan cat anti toksin

Langkah terakhir dalam membuat tatakan gelas adalah pengecatan. Setelah kedua sisi permukaan halus, cat menggunakan cat kayu antitoksin berwarna coklat transparan agar tidak menghilangkan keindahan pola kayu yang ada. Jangan menggunakan pernis karena tidak aman untuk peralatan makan. Jika Anda suka, tatakan ini bisa Anda biarkan tanpa cat, karena justru akan terlihat lebih alami. Hasilnya bisa dilihat di bawah ini.

membuat tatakan gelas

Nah, tatakan gelas yang indah dan berasal dari alam ini akan menjadi teman minum kopi yang indah dan memiliki nilai estetika tinggi. Apalagi jika Anda membuatnya sendiri untuk kado spesial, maka pasti takkan terlupakan. Selamat mencoba…

What do you think?

Written by Admin

tips donor darah saat puasa

Tips Donor Darah saat Puasa

Etika Bertanya Arah Saat Berkendara