in

Tetap Prima Saat Puasa Berkat Kurma

Tetap Prima Saat Puasa Berkat Kurma – Sahabat Cerdas, tidak terasa sebentar lagi kita kembali menyambut Bulan Suci Ramadhan. Di saat yang sama, kita pun juga bersiap menyambut hidangan kurma yang seringkali mewarnai menu ta’jil kita. Memang sudah tradisi orang-orang di sini untuk memakan kurma di bulan puasa. Apa saja hikmah berbuka puasa dengan kurma?

manfaat kurma
sumber gambar: http://selingkaran.com/news/read/2617/2015/06/pilih-kurma-kering-atau-kurma-segar-basah/
Agar Tetap Prima Saat Puasa Berkat Kurma

Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi mengisahkan sebagai berikut:

Diriwayatkan dari Anas r.a. bahwa ia menuturkan, “Rasulullah SAW biasa berbuka puasa dengan beberapa butir kurma basah sebelum shalat. Kalau tidak ada kurma basah, beliau berbuka dengan beberapa butir kurma kering. Kalau kurma kering pun tidak ada, beliau berbuka dengan beberapa teguk air putih.”

Petunjuk Nabi ini menyiratkan hikmah dan rahasia tersembunyi yang menakjubkan. Puasa akan mengosongkan lambung dari makanan. Wajar saja kalau liver tidak mendapatkan asupan untuk diolah menjadi energi dan disalurkan ke seluruh tubuh. Zat manis paling mudah sampai ke lever, apalagi jika zat manis tersebut berasal dari kurma basah. Baik kurma basah maupun kurma kering mengandung zat gula glukosa dan sukrosa. Jenis zat gula seperti ini amat mudah diserap lambung hanya dalam waktu 5-10 menit. Ternyata kurma mengandung 25% zat gula dan 68% air. Dengan begitu, lambung dan usus yang kosong seperti yang dialami orang berpuasa akan mendapat banyak keuntungan dari mengonsumsi kurma.

Dengan mengonsumsi kurma basah atau kering, badan akan mendapatkan asupan zat gula dalam jumlah besar. Zat-zat tersebut mudah diubah jadi energi. Ketika lambung atau usus dalam keadaan kosong, keduanya benar-benar siap bekerja dan mengisap zat gula secara cepat. Jumlah kandungan air yang besar dalam kurma basah atau kurma kering yang direndam dalam air. Selain itu, kurma basah dan kurma kering tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk dicerna. Berbeda dengan lemak yang harus dicerna dalam waktu yang lama.

Orang berpuasa yang berbuka dengan kurma, akan merasakan bahwa laparnya berkurang, jadi tidak harus segera makan sesudahnya. Masih bisa langsung shalat maghrib berjamaah begitu. Setelah itu baru dilanjutkan dengan makan menu lengkap. Berbuka dengan kurma juga bisa menghilangkan keluhan yang diakibatkan karena kurang gula, seperti tidak bisa bergerak dengan normal, lesu dan lemas, pandangan berkunang-kunang, atau tidak bisa konsentrasi. Hal ini pun dianjurkan oleh kalangan medis.

Dr. Shabri Al-Qubbani menjelaskan, “Kalau dalam berpuasa kaum muslimin mengikuti sunnah Rasulullah SAW yang agung; berbuka puasa dengan beberapa butir kurma dan segelas air putih, limun, atau jus jeruk, tentu mereka akan mendapatkan banyak khasiat kesehatan dari puasa. Dan tentu mereka juga berhasil merealisasikan apa yang terdapat dalam hadis, ‘Berpuasalah maka kalian akan sehat’. ”

Penelitian medis terbaru telah membuktikan faedah bahwa kita akan tetap prima saat berkuasa berkat kurma. Namun, jauh sebelum penelitian-penelitian ilmiah itu menguak rahasia khasiat kurma, Al-Qur’an dan hadis sudah menganjurkan manusia untuk menanam dan mengonsumsi kurma.

Allah berfirman dalam Q.S. Asy-Syu’ara’ [Surat ke-26]: 148

“Dan tanam-tanaman dan pohon-pohon kurma yang mayang (buah)nya yang lembut.”

Dalam cerita menjelang kelahiran Nabi Isa a.s., Allah berfirman kepada Siti Maryam yang tengah kepayahan dan kelelahan seorang diri tanpa ditemani siapa pun.

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (Q.S. Maryam [Surat ke-19]: Ayat 25-26)

Jika orang-orang mengetahui khasiat buah kurma, tentu mereka tidak hanya menunggu saat Bulan Ramadhan atau waktu Lebaran untuk mengonsumsinya.

Wallahualam

Sumber: Buku Khasiat Kurma & Mukjizat Kurma Ajwah. Oleh Muhammad bin Shalih Al-Khuzaim. Diterjemahkan oleh Abu Umar Basyir.

What do you think?

Written by Admin

Cara download video di Facebook

Cara Download Video di Facebook

Menghilangkan Configu

Cara Menghilangkan Configuration Progress pada MS Word