in

Sahur yang Tepat Agar Tetap Bugar Saat Puasa

agar-tetap-bugar-saat-puasa

Sahur yang Tepat agat Tetap Bugar saat Puasa – Saat puasa cadangan energi tubuh lebih sedikit dari biasanya. Padahal bulan puasa adalah bulan seribu ampunan, bulan penuh rahmah dan barokah. Alangkah sayang jika kita lemas dan tidak bisa memaksimalkan ibadah karena berpuasa. Agar badan tetap segar dan bugar sepanjang hari, kita harus mengonsumsi makanan yang tepat saat sahur.

Berikut ini beberapa tips sahur yang tepat agar tetap bugar saat Puasa:

1. Makan dengan Porsi Normal/Biasanya
Saat sahur, penting untuk tetap makan dengan porsi normal. Sengaja menambah porsi makan saat sahur justru akan membuat perut kekenyangan dan tidak nyaman. Selain itu, tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi jika makanan yang masuk ke tubuh terlalu banyak. Namun, makan dengan porsi yang terlalu sedikit juga tidak baik karena bisa mengurangi energi dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi lemas.

2. Banyak Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, biji-bijian, roti gandum, serta buah dan sayuran saat sahur. Proses pencernaan karbohidrat kompleks dalam tubuh memakan waktu yang lama sehingga menghasilkan cadangan energi yang banyak dan membuat perut merasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga dapat mencegah dehidrasi karena berfungsi membantu tubuh menyerap air dengan lebih efisien.

3. Banyak Minum Air Putih
Perbanyak minum air putih pada saat sahur. Air putih lebih baik daripada teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula memang cepat menghasilkan tambahan energi namun energi yang dihasilkan dari gula juga lebih cepat hilang sehingga tubuh mudah menjadi lemas.
Sebaiknya minum teh manis atau minuman manis lainnya pada saat berbuka untuk mengembalikan energi yang hilang dengan cepat.

4. Jangan Makan Terburu-Buru
Makanlah perlahan karena jika kita mengunyah makanan terlalu cepat kadar gula dalam darah akan terganggu sehingga beberapa jam setelah sahur perut akan menjadi cepat lapar. Selain itu, jika kita makan terburu-buru, tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan. Akibatnya, tubuh kurang sempurna dalam menyerap nutrisi dan menjadi cepat lemas.

5. Jangan Tidur Setelah Tidur
Jangan tidur setelah sahur agar metabolisme tubuh tetap aktif dan lancar. Tubuh kita akan bangun dalam keadaan lemas dan mudah lapar jika kita tidur setelah sahur karena energi yang harusnya kita gunakan untuk beraktivitas sudah habis dipakai untuk tidur.

Itulah beberapa tips yang bisa sahabat cerdas coba agar tetap bugar saat puasa dan maksimal dalam beribadah. Semoga bermanfaat…

What do you think?

Written by Admin

Cara Mudah Keluar dari Grup Facebook dan Mencegah Ditambahkan Kembali

Cara Memblokir Akun Facebook