in

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan

posisi tidur yang baik

Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan – Tidur adalah salah satu kegiatan sehari-hari yang tak pernah ketinggalan dari kehidupan kita dan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh kita. Setiap orang tidur dengan posisi yang berbeda-beda dan kita terkadang bertanya-tanya bagaimana posisi tidur yang benar dan baik untuk kesehatan kita. Oleh karena itu, mari kita bandingkan beberapa posisi tidur berikut, lengkap dengan keuntungan dan kerugiannya, untuk menyimpulkan posisi tidur yang baik bagi kita.

 

Berikut perbandingan posisi tidur yang baik untuk kesehatan:

 

  1. Tidur Tengkurap

Posisi tidur pertama yang biasa kita lakukan adalah posisi tengkurap. Tidur dengan posisi tengkurap adalah posisi tidur yang paling tidak tepat dan buruk untuk Anda. Posisi ini dapat membuat persendian, perut, dan berbagai jaringan otot Anda tertekan sehingga menghambat pencernaan, mengakibatkan nyeri dan juga kesemutan. Sedikit keuntungan dari tidur dengan posisi ini adalah mencegah kita mendengkur. Posisi dapat lebih membuka saluran pernafasan bagian atas sehingga mengurangi kemungkinan mendengkur bagi orang-orang yang memiliki kebiasaan mendengkur.

Manfaatnya: Mengurangi dengkuran

Kerugiannya: Kaku pada sendi, leher dan punggung, menghambat pencernaan

 

  1. Tidur Terlentang

Posisi tidur kedua yang biasa kita lakukan adalah posisi telentang. Dengan posisi ini, kepala, leher, dan tulang belakang dapat tertopang dengan baik sehingga bisa beristirahat dengan nyaman. Tidur dengan posisi tertentang di kasur yang tidak terlalu empuk mampu mencegah sakit leher dan bahkan mengurangi sakit punggung. Selain itu, dengan menggunakan bantal yang baik, posisi kepala kita akan lebih tinggi dibandingkan perut sehingga makanan ataupun asam lambung yang meningkat tidak berisiko naik ke tenggorokan. Akan tetapi, posisi terlentang seperti ini tidak cocok untuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur. Saat tidur terlentang, ada risiko penyempitan pada tenggorokan kita sehingga dapat meningkatkan risiko tidak lancarnya udara nafas sehingga menyebabkan sumbatan dan dengkuran.

Manfaatnya: Mencegah sakit leher dan sakit punggung, mencegah naiknya asam lambung

Kerugiannya: Tidur telentang akan mempertinggi risiko seseorang untuk mendengkur

 

  1. Tidur Menyamping

Posisi tidur terakhir yang biasa kita lakukan adalah posisi menyamping. Tidur dengan posisi menyamping memang baik untuk kesehatan karena mengurangi dengkuran dan tetap dapat menopang tulang belang belakang asalkan kasur yang kita gunakan tidak terlalu empuk, seperti kasur busa. Akan tetapi jika kita sudah terbiasa dan juga merasa nyaman tidur dengan posisi menyamping, sebaiknya kita memiringkan badan ke arah kanan. Karena dengan tidur menyamping ke kiri, jantung akan cenderung tertekan oleh berat badan kita sehingga menghambat fungsinya. Lambung kita juga akan berada dalam posisi tidak ideal saat kita tidur menyamping ke kiri. Sesuai anatomi tubuh dan lambung itu sendiri, tidur menyamping ke kiri akan menumpuk makanan yang masih dicerna dalam lambung di dekat saluran masuk makanan ke lambung, bukannya di saluran keluar lambung yang menuju usus. Dan saat produksi asam lambung sedang banyak, ada risiko refluks asam lambung ke tenggorokan karena posisi lambung yang terbalik.

Sebaliknya, tidur menyamping ke kanan tidak menyebabkan jantung tertekan, membuat lambung pada posisi yang ideal sehingga memperlancar pencernaan dan mengurangi risiko refluks asam lambung. Selain itu, bagi ibu hamil di trimester ketiga, tidur menyamping ke sebelah kanan sangatlah bermanfaat karena mengurangi beban menopang janin, apalagi jika bagian samping perut kanan diberi bantal sebagai pengganjal. Jantung kita juga semakin mudah dan leluasa untuk memompa darah ke seluruh tubuh karena terletak di posisi yang tinggi.

Manfaatnya: Mencegah sakit leher dan punggung, mencegah naiknya asam lambung, mencegah dengkuran, membantu tidur berkualitas saat kehamilan

Kerugiannya: Tidur miring ke kiri membuat jantung tertekan dan menghambat kerja pencernaan.

Kesimpulannya, tidur menyamping ke sebelah kanan adalah pilihan terbaik untuk kesehatan. Posisi ini memang mampu mengurangi dengkuran, mencegah naiknya asam lambung, tidak menghambat kerja pencernaan, dan sangat bermanfaat untuk wanita yang hamil karena mempermudah kerja jantung serta memperlancar aliran darah.

What do you think?

Written by Admin

Cara Memblokir Akun Facebook

memilih-kurma

Agar Tidak Salah Memilih Kurma