in

Memperbaiki Sendiri Lensa Kamera Digital yang Macet

Lensa kamera Anda macet dan Anda bingung bagaimana cara memperbaiki sendiri lensa kamera digital yang macet tersebut?

Ini terjadi pada kamera saya beberapa bulan yang lalu. Waktu itu kamera digital saya dipinjam teman dan saat digunakan lensanya macet. Teman saya waktu itu langsung membawanya ke tempat servis kamera di Malang tapi ternyata harus dikirim ke Surabaya dan tentunya hal itu memerlukan waktu lama. Belum juga biayanya yang pasti tidak sedikit karena sudah lewat masa garansi.

Setelah saya lihat kondisinya, saya coba browsing gimana sih cara memperbaiki lensa kamera digital yang macet. Dan berjodohlah saya dengan blog camerarepair(dot)blogspot(dot)com. Tutorialnya detail sekali lengkap dengan penjelasan dan videonya.

Setelah saya baca-baca, awalnya bingung karena detailnya langkah yang diberikan. Kemudian saya pilih langkah-langkah yang penting dan ternyata berhasil mengatasi lensa kamera digital saya yang macet.

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

• Baca Basmalah
• Keluarkan SD card kamera (opsional)
• Pastikan kondisi baterai kamera penuh. Jika tidak, isi dayanya dulu hingga penuh.
• Coba tekan lama tombol power (daya). Jika tidak ada perubahan, lanjutkan dengan langkah berikut
• Tekan lama tombol power (daya) bersamaan dengan tombol OK atau Menu hingga 10 detik. Jika sela-sela lensa kamera tidak kotor atau kemasukan pasir, mestinya lensa kamera Anda akan pulih cukup sampai di langkah ini. Tapi, jika belum berhasil, atau kamera sudah bisa dinyalakan tapi muncul tulisan “lense error” atau semacamnya, lakukan langkah berikutnya
• Ambil kertas untuk membersihkan sela-sela lensa kamera karena kemungkinannya kotor. Pada kasus kamera digital saya, saya mendengar suara debu/pasir di dalamnya ketika kamera digoyang-goyangkan. Jadi saya bersihkan dengan kertas, setelah itu memiringkannya (posisi lensa di samping) dan mengetuk-ngetuknya dengan pulpen. Ini dilakukan untuk mengeluarkan kotoran yang terjebak di antara sela-sela lensa kamera. Langkah ini bisa dilakukan berulang-ulang untuk memastikan sela-sela kamera bersih.

BxkqQ6BCYAE78rp.jpg large

BxkrFQjCUAArydv.jpg large
• Setelah bersih, tekan lama tombol power (daya) lagi. Jika belum berhasil, tekan lama kombinasi tombol power (daya) dan tombol OK atau Menu kamera.

Itulah langkah-langkah yang saya lakukan untuk memperbaiki lensa kamera digital yang macet. Alhamdulillah kamera digital saya bisa digunakan kembali dan setelah itu dipinjam teman lagi, entah apa masalahnya, lensanya kembali macet dan saya pun memperbaikinya lagi dengan menggunakan langkah-langkah di atas. Alhamdulillah sekarang tidak pernah macet lagi.

Tips ini bisa sahabat cerdas coba jika kamera digital sahabat cerdas sudah di luar masa garansi. Jika masih dalam masa garansi, sebaiknya serahkan pada ahlinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil 🙂

What do you think?

Written by Admin

Comments are closed.

One Comment

Cara Cepat Membuat Transkrip Video

Cara Cepat Membuat Transkrip Video

cara upload foto di instagram tanpa crop, upload foto di instagram tanpa terpotong

Cara Upload Foto di Instagram Tanpa Crop