in

Cara Cepat Membuat Transkrip Video

Cara Cepat Membuat Transkrip Video
Cara Cepat Membuat Transkrip Video

Cara Cepat Membuat Transkrip Video – Sewaktu belajar bahasa Inggris, mungkin Anda pernah ditugasi membuat transkrip dari sebuah audio atau video percakapan pendek. Dengan sangat seksama dan hati-hati, Anda mendengarkannya lalu menulisnya. Mengulanginya lalu menulisnya lagi. Begitu seterusnya hingga Anda selesai membuat transkripnya. Sangat melelahkan jika Anda menggunakan cara manual tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas cara mudah membuat transkrip video dengan menggunakan YouTube. Dengan cara ini, Anda tidak perlu lagi menulis secara manual transkrip video yang kita inginkan. Biarkan YouTube yang melakukannya. Setelah selesai, Anda tinggal men-download hasilnya.

Ketika Anda meng-upload video ke YouTube, YouTube otomatis akan membuatkan subtitle/transkripnya. Google menggunakan speech recognition untuk mengubah suara dari video Anda menjadi teks.

Cara Cepat Membuat Transkrip Video
Cara Cepat Membuat Transkrip Video

Selain itu, Anda juga bisa melihat transkrip dari video lain meskipun bukan Anda yang meng-upload-nya. Jika video yang Anda putar di YouTube dilengkapi tombol “CC”, Anda bisa men-download transkripnya. Tombol “CC” terletak di pojok kanan bawah.

YouTube akan membuat transkrip video lebih akurat jika suara video tersebut jernih dan tidak banyak suara dalam satu waktu. Jadi, jangan kaget jika transkrip yang dihasilkan tidak sesuai dengan aslinya. Paling tidak pekerjaan Anda sudah selesai setengahnya. Anda tinggal mengoreksi kesalahannya saja.

Langsung saja, berikut ini cara cepat membuat transkrip video.

  1. Buka youtube.com/upload dan upload video yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengupload file MP3, Anda bisa menggunakan software seperti Windows Movie Maker atau FFMpeg untuk mengubah format file audio menjadi file video. Setelah itu baru Anda bisa menguploadnya ke YouTube.
  2. Tunggu sampai proses upload ke YouTube selesai. Google mungkin tidak bisa langsung menggunakan speech recognition untuk membuat transkripnya. Butuh sedikit waktu untuk membuat transkrip tergantung dari file Anda.
  1. Selanjutnya buka halaman video dengan menggunakan Google Chrome, jeda video, lalu klik ikon Interactive Transcript agar terlihat transkripnya, pilih bahasa yang diinginkan.tv1
  2. Selanjutnya tekan F12 agar Developer Tools dari Google Chrome terbuka. Lalu klik tab Network seperti gambar di bawah ini.
  3. Setelah itu, ketikkan timedtext di kotak pencarian.tv2
  4. Ada kemungkinan item tersebut tidak ditemukan. Jika demikian, refresh/segarkan halaman video TANPA MENUTUP Developer Tools. Jeda video lagi, lalu klik ikon Interactive Transcript. Sekarang seharusnya timedtext sudah bisa ditemukan.tv3
  5. Anda akan menemukan 2 item timedtext, pilih yang mempunyai ukuran paling besar. Klik kanan pada item tersebut lalu pilih Open Link in New Tab.tv4
  6. Setelah terbuka, perhatikan apakah isi dari file XML tersebut mirip dengan transkrip. Jika iya, maka simpan file tersebut.tv5

Itulah cara cepat membuat transkrip video menggunakan YouTube. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mendownloadnya, Anda cukup menyalin secara manual teks yang tampil pada saat Anda melakukan langkah ke-3.

What do you think?

Written by Admin

Cara Mudah Daftar Akun Facebook

Memperbaiki Sendiri Lensa Kamera Digital yang Macet