in

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows XP

Cara Mengatasi Blue Screen pada Windows

Cara Mengatasi Blue Screen pada WindowsCara Mengatasi Blue Screen di Windows XP – “Blue Screen” merupakan pemandangan yang sering muncul saat komputer mengalami masalah serius, sehingga mengharuskan komputer untuk direstart paksa. Alhasil, pekerjaan kita pun akan hilang sia-sia.

Blue Screen juga merupakan jenis masalah atau error terburuk yang bisa dialami komputer. Tidak seperti masalah akibat aplikasi yang mengalami crash, yang tidak mengakibatkan rusaknya sistem pada komputer, Blue Screen dapat mengakibatkan rusaknya sistem komputer atau bahkan kurusakan pada perangkat keras.
Bagaimana jjika ternyata komputer kita telah mengalami masalah Blue Screen? Sebelum menentukan langkah perbaikan, ada baiknya jika kita identifikasi terlebih dahulu penyebab terjadinya blue screen berdasarkan pada pesan kesalahan yang muncul di layer. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas tentang beberapa cara mengatasi dan memperbaiki masalah blue screen pada komputer berdasarkan pesan kesalahan yang muncul di layar.

Berikut ini Cara Mengatasi Blue Screen di Windows XP berdasarkan pesan kesalahannya:

1. PEN_LIST_CORRUPT

Jika pesan kesalahan yang muncul di layar saat terjadi blue screen adalah PEN_LIST_CORRUPT, maka penyebab utamanya adalah RAM komputer kita telah rusak atau RAM tidak terbaca dengan baik. Untuk mengatasinya, bisa dengan membersihkan slot RAM dan kisi-kisi logam yang ada di RAM dengan penghaus. Atau bisa juga dengan mengganti RAM dengan yang baru.

2. DATA_BUS_ERROR

Jika pesan kesalahan ini yang dimunculkan, artinya bahwa slot pada motherboard telah rusak atau kotor/berdebu. Slot yang bermasalah umumny adalah slot memori. Untuk mengatasinya, bersihkan semua slot yang ada di motherboard terutama slot memori.

3. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Masalah yang satu ini sering terjadi karena kesalahan saat menginstal driver, diantaranya terjadi tumpang tindih/bentrok/crash pada driver saat kita menginstal/meng-update driver baru, sedangkan driver lama tidak diuninstall dengan baik. Diantara driver yang sering mengalami maslah ini adalah driver VGA dan Audio Sound. Solusi yang bisa diambil adalah dengan menghapus semua driver yang dicurigai menjadi sumber masalah dan kemudian menginstal driver dari situs resmi.
4. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP

Berhati-hatilah jika yang muncul pada layar blue screen adalah pesan seperti di atas. Pesan kesalahan tersebut disebabkan karena terjadi kerusakan serius pada prosesor komputer kita. Biasanya, hal tersebut diakibatkan oleh prosesor mengalami overheat (kepanasan). Periksa kipas pendingin prosesor apakah berfungsi normal atau tidak. Masalah di atas juga bisa disebabkan oleh overclocking atau performa prosesor yang melebihi batas atau adanya masalah pada motherboard.
5. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Untuk pesan kesalahan yang ini, penyebab utamaanya adalah kesalahan konfigurasi pada jumper harddisk. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan oleh virus pada boot sector, Konfigurasi Driver IDE Controller yang salah, atau kesalahan pada driver CHIPSET. Solusi yang bisa diambil adalah dengan memeriksa JUMPER pada HardDisk Serta memastikan Konfigurasi MASTER atau SLAVE sudah benar. Biasanya, untuk konfigurasi SLAVE, kita cukup melepas Jumpernya saja.

Ada baiknya, sebelum terjadinya blue screen, kita sudah melakukan tindakan pencegahan diantaranya  dengan menginstal driver dari situs resmi, bukan dari pihak ketiga, selalu memastikan kebersihan computer dan mencegah terjadinya overheating dan overclocking.
Nah, itu tadi sedikit ulasan tentang Cara Mengatasi Blue Screen di Windows XP. Namun, jika Anda pengguna Windows 8.0 atau 8.1, Anda bisa mengatasi masalah blue screen dengan tutorial kami di Cara mengatasi masalah “Your PC ran into a problem and needs to restart”

What do you think?

Written by Admin

upload-foto-ke-instagram-lewat-pc

Cara Upload Gambar ke Instragram Lewat PC

Aplikasi Android Yang Wajib Kamu Miliki