in

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online dan Offline

Cara mengatasi kecanduan game online

Cara mengatasi kecanduan game online dan offline – Sebagai orang dewasa yang sudah bisa menentukan pilihan-pilihannya sendiri dalam hidup, pasti tidak akan ada orang lain yang melarang kita untuk melakukan beberapa hal yang diragukan manfaatnya, misalnya bermain game. Selain telah menjadi tren di berbagai sudut warnet di sekitar kita, bermain game sebenarnya boleh-boleh saja. Akan tetapi jika kegiatan gaming ini dilakukan secara berlebihan, maka akan mendatangkan banyak kerugian bagi kita sendiri. Cukup banyak contoh pengguna atau pemain game yang terlanjur kebablasan dalam menikmati dunia game ini. Nah, agar terhindar dari kecanduan game seperti ini, simaklah cara mengatasi kecanduan game online dan offline berikut ini.

Cara mengatasi kecanduan game online dan offline

1. Tanamkan niat dan perkuat niat ini dalam diri kita

Niat untuk mengatasi kecanduan game online atau offline ini memang harus datang dari diri kita sendiri. Setidaknya, dengan membaca artikel ini, Anda telah mulai mencari cara untuk mengurangi atau bahkan berhenti bermain game sama sekali. Langkah berikutnya adalah memperkuat niat tersebut dengan mulai menjalankan metode atau cara mengatasi kecanduan game yang tepat.

2. Perhatikan Dampak Buruk yang Terjadi pada Anda

Cara mengatasi kecanduan game online dan offline yang kedua adalah memikirkan dampak buruk yang telah menjangkiti diri Anda. Apakah kesehatan Anda semakin menurun? Apakah pola makan Anda masih teratur? Kapan terakhir kali Anda bertemu teman atau bersosialisasi dengan orang lain? Apakah isi dompet Anda banyak terkuras untuk kegiatan game ini? Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dikategorikan negatif, maka kita seharusnya segera menghentikan hal-hal buruk tersebut pada diri kita.

3. Kurangi kegiatan game kita secara bertahap

Seperti kecanduan rokok, kecanduan game ini juga tidak mungkin dihilangkan dalam waktu sekejap. Kita perlu mengatur jadwal untuk membatasi frekuensi kita bermain game. Kita bisa mengurangi jam bermain game setiap seminggu sekali agar tidak terlalu berat. Jika di minggu pertama, kita boleh bermain game 5 jam sehari, maka di minggu kedua, kita hanya boleh bermain 4,5 jam sehari. Dan begitu seterusnya.

4. Buat kegiatan game ini agar tidak menyenangkan dan tidak nyaman

Cara mengatasi kecanduan game online dan offline selanjutnya adalah memilih tempat atau perangkat yang tidak nyaman untuk bermain game. Pergilah ke warnet yang kurang baik perangkatnya, kurang cepat internetnya, dan kurang nyaman tempatnya. Jika kita berada di tempat game seperti ini, kita akan menjadi tidak nyaman sehingga tidak akan betah berlama-lama bermain game.

5. Melakukan kegiatan yang bermanfaat di waktu luang

Game adalah salah satu cara kita untuk mengisi waktu luang. Jadi, upayakan untuk mengisi waktu luang kita dengan kegiatan lain yang positif seperti bercanda bersama keluarga, berolahraga, traveling, membaca buku, menulis blog, bermain musik, atau bahkan mencari hobi baru yang positif. Buat diri kita agar sesibuk mungkin dengan hobi baru ini agar kita tidak sempat lagi untuk bermain game.

6. Menjauhkan semua hal yang berbau game dari diri kita

Minta orang lain untuk menyingkirkan atau menyembunyikan perangkat game yang kita miliki agar kita tidak mudah tergoda untuk memainkannya lagi. Upayakan juga agar isi kamar kita bersih dan steril dari semua yang berbau game, supaya saat kita sendirian, atau tanpa pengawasan dari orang lain, kita tidak teringat dengan game yang sangat kita senangi itu. Buang juga pakaian atau baju yang memiliki gambar game-game ini.

What do you think?

Written by Admin

Tiga Contoh Penggunaan Kamera Ponsel yang Tidak Patut

Cara Download Semua Foto Pada Halaman Facebook

Cara Download Semua Foto Pada Halaman Facebook